Home » » Teknologi Lifi Memiliki Kecepatan 10 Kali Lipat Dari Wifi

Teknologi Lifi Memiliki Kecepatan 10 Kali Lipat Dari Wifi

Teknologi Lifi Memiliki Kecepatan 10 Kali Lipat Dari Wifi

Teknologi Lifi Memiliki Kecepatan 10 Kali Lipat Dari Wifi
 


Saat ini perkemebangan teknologi sudah semakain maju. Dan masih akan terus mengalami perkembanagan dengan semakain banayaknya penggunaan teknologi di dunia ini. 

Dan saat ini ada teknologi  yang akan memebuat kita merasa terpuaskan saat menjelajahi dunia internet Yaitu LIFI, teknologi ini adalah modifikasi dari teknologi Wifi yang sudah ada sebelumnya.
Hasil percobaan yang dilakuakan oleh university college dan oxpord University menyebutkan bahwa teknologi ini mampu mentranfer data dengan kecepatan 100 Gbps.

Kecepatan ini berkali-kali lipat lebih cepat dari teknologi wifi.

Dan bagi anda yang penasaran apa itu Lifi, berikut penjelasannya.



Lifi itu apa sih ???

teknologi Lifi adalah lawan dari Light fidelity yaitu sebuah jaringan nirkabel dalam bidang komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Di Lifi tidak lagi menggunakan frekuensi konvesional seperti pada wifi, teknologi ini sebelumnya telah sukses di uji cobakan  pada sepasang smartphone casio di consumer elektronics show di Las Vegas.



Cara Kerja Teknologi lifi??

cara kerja lifi membutuhkan dua sumber cahaya yang berada di masing-masing ujung perangkat. Sumber cahaya yang bisa dipakai yaitu LED atau Light Sensor.Ketika cahaya menyala, cahaya lainnya yang berada di perangkat lainyya  akan mengartikan sebagai biner 1. Lalu sebuah pesan akan dikirimkan ke perangkat lainnya .



Setelah itu lifi akan menggunakan beberapa warna pada cahaya LED . ketika warna warnanya menyala secara bersama-sama maka akan menciptakan informasi yang sangat besar untuk dikirimkan sekaligus.

Saat ini dengan menggunakan laser hijau dan laser warna merah secara bersama-sama akan menghasilkan kecepatan 1 Gbps. Bisa dibayangkan jika teknologi ini menggunakan banyak warna , maka akan menghasikan kecepatan yang luaar biasa.



Mengapa Lifi bisa sangat cepat??

Lifi punya keceptan yag berkali-kali lipat dari wifi. Ini karena Jenis LED merupakan semikonduktor yang mempunyai sifat berbeda dari jenis lampu lainnya. Dengan sifat ini  membuat LED bisa beralih dari on ke off dalam beberapa nanodetik bahkan triliunan detik



Nano detik apabila kita konversikan dalam kecepatan data setara dengan 1 gigabit/s. Maka itu artinya kecepatan teknologi lifi 10 kali lipat dari wifi.



Kelebihan Teknologi  Lifi??

Keunggulan apabila menggunakan lifi adalah memudahkan siapapun yang ingin mengakses internet, dan memiliki kecepatan yang sangat luar biasa.

Fungsi lain dari Lifi adalah mampu mengurangi polusi elektromagnetik yang dihasilkan oleh gelombang radio.



Kelemahan Lifi??

Selain mempunyai keunggulan yang sangat luar biasa, Lifi memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan wifi. Lifi membutuhkan direct line of sight atau pandangan langsungke perangkat yang dituju. Direct ini juga harus dilengkapi receiver khusus, seperti koneksi infra pada gadget jaman dulu.

Selain itu perangkat yang dituju tidak boleh dipindahkan-pindahkan