Home » » TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE



TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE-. Apakah anda sedang mencari referensi tentang  tips memulai bisnis online?dan menjadikannya tempat untuk mendulang banyak uang.

Tenang. Anda tidak sendirian !
banyak orang yang sudah beralih profesi menjadi seorang pebisnis online di era yang serba digital sepeti sekarang ini 

Segala sesuatu yang dijalankan di media internet untuk mendapatkan penghasilan itu bisa dikatakan BISNIS online.  Jika anda punya usaha offline seperti  toko makanan, toko mainan, toko buku, atau apapun, kita bisa bisa menjualnya di internet, dan itu bisa dikatakan bisnis online.

Dan, disini saya akan membagikan tips bagi anda yang ingin memulai bisnis online, beserta langkah-langkahnya
pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di benak kita saat ingin memulai sebuah bisnis online misalnya:
Apakah saya bisa menjalankan bisnis online?
Bagaimana kalau saya tidak bisa?
apa yang harus pertama saya lakukan utuk memulai bisnis online?
Berapa modalnya?
Dan masih banyak  pertanyaan yang  lainnya.?
Maka agar bisnis online yang akan anda jalankan itu berjalan dengan baik, anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini

1.  Riset  tentang produk apa yang ingin anda jual

Mencari informasi tentang produk apa yang dibutuhkan oleh mayarakat. Produk bisa berupa fisik,jasa, atupun digital.
Banyak orang yang salah pada tahap ini, mereka hanya fokus pada produk yang mereka punya, bukan apa yag orang lain butuhkan.

Saran saya lakukan riset dulu tentang produk yang ingin anda jual. Apakah produk anda benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Karena jika produk yang kita jual tidak dibutuhkan oleh masyarakat itu akan membuat sedikit peminatnya yang akan membeli produk anda.
Contoh-contoh produk yang bisa anda jual:
  • Contoh produk berupa fisik diantarannya, jam tangan, handphone,motor,mobil      ,makanan,aksesoris, dan lain-lain
  •  Contoh produk digital diantaranya, ebook,kursus online, software, game, dan lain lain.
  •  Contoh berupa jasa, jasa pembuatan website,jasa online marketing,rental mobil,agen tour&travel,  agen umroh&haji dan masih banyak lagi.
Saran saya untuk para pemula fokus lah untuk menjual satu produk saja dulu untuk meminimalisir jika terjadi kerugian.


2.  Membuat website

Jika anda menjual produk secara offline pasti anda membutukan tempat untuk menjual barang tersebut seperti toko, maka dalam bisnis online toko disebut dengan website, karena disitulah anda akan mempromosikan dan meletakan produk apa saja yang ingin anda jual,

Untuk anda yang pemula sebaiknya anda  memulai dengan menjual produk anda melalui social media seperti facebook, twitter, instagram, BBM, line, dan anda juga bisa menjual produk anda di situs seperti tokopedia, bukalapak, OLX karena situs tersebut gratis tidak memungut biaya kepada siapa saja yang ingin menjual produknya. 

Dan jika anda sudah mendapat keuntungan dari penjualan bisnis online anda bisa membuat website sendiri. Selain website berbayar ada juga penyedia website gratis seperti blogspot, wordpress dan lain2. 

Kadang sebuah website menentukan parameter keseriusan seseorang  dalam  menjalani bisnis online.

Bagi anda yang gaptek atau gak ngerti teknologo jangan khawatir karena website sekarang jenis praktis gak ribet istilah sekarang nya ”plug and play”. Dan jika masih bingung silahkan cari kumpulan triks membuat website di internet.


 3.  Membuat website anda ada di halaman utama mesin pencari.

Kegunaan dari tahap ini sangat lah berarti karena ini bisa menjadi penentu bisnis online anda selain kualitas produk yang anda jual.

Karena saat orang mencari suatu produk di internet mereka biasanya hanya melihat website yang anda di halaman utama dan kedua.

Banyak cara untuk membuat situs anda beranda di halaman utama mesin pencari ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk yang berbayar anda bisa memanfaatka iklan yang disediakan oleh mesin pencari.  Dan untuk yang gratis anda bisa memanfaatkan tekhnik SEO. Tekhnik SEO ini yang banyak digunakan oleh orang saat ini. Memang sangat sulit untuk mempelajari tekhnik ini. Tapi dengan mempelajari secara rutin anda bisa mempelajari . banyak tips-tips tentang SEO diinternet yang bisa anda pelajari.


4.         Motivasi

Dan yang terakhir adalah motivasi dari dalam diri anda untuk menjalani bisnis online. Motivasi ini sangat lah penting agar anda tidak pantang menyerah jika suatu saat bisnis online anda tidak berjalan sesuai dengan rencana. Salah satu cara untuk membuat anda termotivasi adalah dengan membaca buku-buku  motivasi.

demikianlah arikel dari saya semoga bermanfaat...
jangan lupa tinggalkan komentar...